Hukum TAHLILAN menurut NU , silahkan dibaca, mudah-mudahan bermanfaat,..
Muktamar NU ke-1 di Surabaya tanggal 13 Rabiuts Tsani 1345 H/21 Oktober 1926
Mencantumkan pendapat Ibnu Hajar al-Haitami dan menyatakan bahwa
selamatan kematian adalah bid’ah yang hina namun tidak sampai diharamkan
dan merujuk juga kepada Kitab Ianatut Thalibin.
Namun
Nahdliyin generasi berikutnya menganggap pentingnya tahlilan tersebut
sejajar (bahkan melebihi) rukun Islam/Ahli Sunnah wal Jama’ah. Sekalipun
seseorang telah melakukan kewajiban-kewajiban agama, namun tidak
melakukan tahlilan, akan dianggap tercela sekali, bukan termasuk
golongan Ahli Sunnah wal Jama’ah.
Di zaman akhir yang ini
dimana keadaan pengikut sunnah seperti orang ‘aneh’ asing di negeri
sendiri, begitu banyaknya orang Islam yang meninggalkan kewajiban agama
tanpa rasa malu, seperti meninggalkan Sholat Jum’at, puasa Romadhon,dll.
Sebaliknya masyarakat begitu antusias melaksanakan tahlilan ini, hanya
segelintir orang yang berani meninggalkannya. Bahkan non-muslim pun akan
merasa kikuk bila tak melaksanakannya. Padahal para ulama terdahulu
senantiasa mengingat dalil-dalil yang menganggap buruk walimah
(selamatan) dalam suasana musibah tersebut.
Dari sahabat Jarir
bin Abdullah al-Bajali: “Kami (para sahabat) menganggap kegiatan
berkumpul di rumah keluarga mayit, serta penghidangan makanan oleh
mereka merupakan bagian dari niyahah (meratapi mayit)”. (Musnad Ahmad
bin Hambal (Beirut: Dar al-Fikr, 1994) juz II, hal 204 & Sunan Ibnu
Majah (Beirut: Dar al-Fikr) juz I, hal 514)
MUKTAMAR I NAHDLATUL ULAMA (NU) KEPUTUSAN MASALAH DINIYYAH NO: 18 / 13 RABI’UTS TSAANI 1345 H / 21 OKTOBER 1926 DI SURABAYA
TENTANG KELUARGA MAYIT MENYEDIAKAN MAKAN KEPADA PENTAKZIAH
TANYA :
Bagaimana hukumnya keluarga mayat menyediakan makanan untuk hidangan
kepada mereka yang datang berta’ziah pada hari wafatnya atau hari-hari
berikutnya, dengan maksud bersedekah untuk mayat tersebut? Apakah
keluarga memperoleh pahala sedekah tersebut?
JAWAB :
Menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau hari ketujuh
itu hukumnya MAKRUH, apabila harus dengan cara berkumpul bersama-sama
dan pada hari-hari tertentu, sedang hukum makruh tersebut tidak
menghilangkan pahala itu.
KETERANGAN :
Dalam kitab I’anatut Thalibin Kitabul Janaiz:
“MAKRUH hukumnya bagi keluarga mayit ikut duduk bersama orang-orang
yang sengaja dihimpun untuk berta’ziyah dan membuatkan makanan bagi
mereka, sesuai dengan hadits riwayat Ahmad dari Jarir bin Abdullah al
Bajali yang berkata: ”kami menganggap berkumpul di (rumah keluarga)
mayit dengan menyuguhi makanan pada mereka, setelah si mayit dikubur,
itu sebagai bagian dari RATAPAN (YANG DILARANG).”
Dalam kitab Al Fatawa Al Kubra disebutkan :
“Beliau ditanya semoga Allah mengembalikan barokah-Nya kepada kita.
Bagaimanakah tentang hewan yang disembelih dan dimasak kemudian dibawa
di belakang mayit menuju kuburan untuk disedekahkan ke para penggali
kubur saja, dan TENTANG YANG DILAKUKAN PADA HARI KETIGA KEMATIAN DALAM
BENTUK PENYEDIAAN MAKANAN UNTUK PARA FAKIR DAN YANG LAIN, DAN DEMIKIAN
HALNYA YANG DILAKUKAN PADA HARI KETUJUH, serta yang dilakukan pada genap
sebulan dengan pemberian roti yang diedarkan ke rumah-rumah wanita yang
menghadiri proses ta’ziyah jenazah.
Mereka melakukan semua itu
tujuannya hanya sekedar melaksanakan kebiasaan penduduk setempat
sehingga bagi yang tidak mau melakukannya akan dibenci oleh mereka dan
ia akan merasa diacuhkan. Kalau mereka melaksanakan adat tersebut dan
bersedekah tidak bertujuaan (pahala) akhirat, maka bagaimana hukumnya,
boleh atau tidak?
Apakah harta yang telah ditasarufkan, atas
keingnan ahli waris itu masih ikut dibagi/dihitung dalam pembagian
tirkah/harta warisan, walau sebagian ahli waris yang lain tidak senang
pentasarufan sebagaian tirkah bertujuan sebagai sedekah bagi si mayit
selama satu bulan berjalan dari kematiannya. Sebab, tradisi demikian,
menurut anggapan masyarakat harus dilaksanakan seperti “wajib”,
bagaimana hukumnya.”
Beliau menjawab bahwa semua yang dilakukan
sebagaimana yang ditanyakan di atas termasuk BID’AH YANG TERCELA tetapi
tidak sampai haram (alias makruh), kecuali (bisa haram) jika prosesi
penghormatan pada mayit di rumah ahli warisnya itu bertujuan untuk
“meratapi” atau memuji secara berlebihan (rastsa’).
Dalam
melakukan prosesi tersebut, ia harus bertujuan untuk menangkal “OCEHAN”
ORANG-ORANG BODOH (yaitu orang-orang yang punya adat kebiasaan
menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau hari ketujuh,
dst-penj.), agar mereka tidak menodai kehormatan dirinya, gara-gara ia
tidak mau melakukan prosesi penghormatan di atas.
Dengan sikap
demikian, diharapkan ia mendapatkan pahala setara dengan realisasi
perintah Nabi terhadap seseorang yang batal (karena hadast) shalatnya
untuk menutup hidungnya dengan tangan (seakan-akan hidungnya keluar
darah). Ini demi untuk menjaga kehormatan dirinya, jika ia berbuat di
luar kebiasaan masyarakat.
Tirkah tidak boleh diambil /
dikurangi seperti kasus di atas. Sebab tirkah yang belum dibagikan
mutlak harus disterilkan jika terdapat ahli waris yang majrur ilahi.
Walaupun ahli warisnya sudah pandai-pandai, tetapi sebagian dari mereka
tidak rela (jika tirkah itu digunakan sebelum dibagi kepada ahli waris).
[Buku "Masalah Keagamaan" Hasil Muktamar/ Munas Ulama NU ke I s/d
XXX (yang terdiri dari 430 masalah) oleh KH. A. Aziz Masyhuri ketua
Pimpinan Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah dan Pengasuh Ponpes Al
Aziziyyah Denanyar Jombang. Kata Pengantar Menteri Agama Republik
Indonesia : H. Maftuh Basuni]
Keterangan lebih lengkapnya lihat dalam Kitab I’anatut Thalibin Juz 2 hal. 165 -166 , Seperti terlampir di bawah ini :
وقد أرسل الامام الشافعي - رضي الله عنه - إلى بعض أصحابه يعزيه في ابن له
قد مات بقوله: إني معزيك لا إني على ثقة * * من الخلود، ولكن سنة الدين
فما المعزى بباق بعد ميته * * ولا المعزي ولو عاشا إلى حين والتعزية: هي
الامر بالصبر، والحمل عليه بوعد الاجر، والتحذير من الوزر بالجزع، والدعاء
للميت بالمغفرة وللحي بجبر المصيبة، فيقال فيها: أعظم الله أجرك، وأحسن
عزاءك، وغفر لميتك، وجبر معصيتك، أو أخلف عليك، أو نحو ذلك.وهذا في تعزية
المسلم بالمسلم.
وأما تعزية المسلم بالكافر فلا يقال فيها: وغفر لميتك، لان الله لا يغفر الكفر.
وهي مستحبة قبل مضي ثلاثة أيام من الموت، وتكره بعد مضيها.ويسن أن يعم بها
جميع أهل الميت من صغيروكبير، ورجل وامرأة، إلا شابة وأمرد حسنا، فلا
يعزيهما إلا محارمهما، وزوجهما.ويكره ابتداء أجنبي لهما بالتعزية، بل
الحرمة أقرب.ويكره لاهل الميت الجلوس للتعزية، وصنع طعام يجمعون الناس
عليه، لما روى أحمد عن جرير بن عبد الله البجلي، قال: كنا نعد الاجتماع إلى
أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة، ويستحب لجيران أهل الميت -
ولو أجانب - ومعارفهم - وإن لم يكونوا جيرانا - وأقاربه الاباعد - وإن
كانوا بغير بلد الميت - أن يصنعوا لاهله طعاما يكفيهم يوما وليلة، وأن
يلحوا عليهم في الاكل.ويحرم صنعه للنائحة، لانه إعانة على معصية.
وقد اطلعت على سؤال رفع لمفاتي مكة المشرفة فيما يفعله أهل الميت من الطعام.وجواب منهم لذلك.
(وصورتهما).
ما قول المفاتي الكرام بالبلد الحرام دام نفعهم للانام مدى الايام، في
العرف الخاص في بلدة لمن بها من الاشخاص أن الشخص إذا انتقل إلى دار
الجزاء، وحضر معارفه وجيرانه العزاء، جرى العرف بأنهم ينتظرون الطعام، ومن
غلبة الحياء على أهل الميت يتكلفون التكلف التام، ويهيئون لهم أطعمة عديدة،
ويحضرونها لهم بالمشقة الشديدة.فهل لو أراد رئيس الحكام - بما له من الرفق
بالرعية، والشفقة على الاهالي - بمنع هذه القضية بالكلية ليعودوا إلى
التمسك بالسنة السنية، المأثورة عن خير البرية وإلى عليه ربه صلاة وسلاما،
حيث قال: اصنعوا لآل جعفر طعاما يثاب على هذا المنع المذكور ؟ أفيدوا
بالجواب بما هو منقول ومسطور.
(الحمد لله وحده) وصلى الله وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه والسالكين نهجهم بعده.اللهم أسألك الهداية للصواب.
نعم، ما يفعله الناس من الاجتماع عند أهل الميت وصنع الطعام، من البدع
المنكرة التي يثاب على منعها والي الامر، ثبت الله به قواعد الدين وأيد به
الاسلام والمسلمين.
قال العلامة أحمد بن حجر في (تحفة المحتاج
لشرحك المنهاج): ويسن لجيران أهله - أي الميت - تهيئة طعام يشبعهم يومهم
وليلتهم، للخبر الصحيح.اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم
.
ويلح عليهم في الاكل ندبا، لانهم قد يتركونه حياء، أو لفرط جزع.ويحرم
تهيئه للنائحات لانه إعانة على معصية، وما اعتيد من جعل أهل الميت طعاما
ليدعوا الناس إليه، بدعة مكروهة - كإجابتهم لذلك، لما صح عن جرير رضي الله
عنه.كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة.
ووجه عده من النياحة ما فيه من شدة الاهتمام بأمر الحزن.
ومن ثم كره اجتماع أهل الميت ليقصدوا بالعزاء، بل ينبغي أن ينصرفوا في حوائجهم، فمن صادفهم عزاهم.
اه.
وفي حاشية العلامة الجمل على شرح المنهج: ومن البدع المنكرة والمكروه
فعلها: ما يفعله الناس من الوحشةوالجمع والاربعين، بل كل ذلك حرام إن كان
من مال محجور، أو من ميت عليه دين، أو يترتب عليه ضرر، أو نحو ذلك.
اه.وقد قال رسول الله (ص) لبلال بن الحرث رضي الله عنه: يا بلال من أحيا
سنة من سنتي قد أميتت من بعدي، كان له من الاجر مثل من عمل بها، لا ينقص من
أجورهم شيئا.
ومن ابتدع بدعة ضلالة لا يرضاها الله ورسوله، كان
عليه مثل من عمل بها، لا ينقص من أوزارهم شيئا.وقال (ص): إن هذا الخير
خزائن، لتلك الخزائن مفاتيح، فطوبى لعبد جعله الله مفتاحا للخير، مغلاقا
للشر.وويل لعبد جعله الله مفتاحا للشر، مغلاقا للخير.
ولا شك أن
منع الناس من هذه البدعة المنكرة فيه إحياء للسنة، وإماته للبدعة، وفتح
لكثير من أبواب الخير، وغلق لكثير من أبواب الشر، فإن الناس يتكلفون تكلفا
كثيرا، يؤدي إلى أن يكون ذلك الصنع محرما.والله سبحانه وتعالى أعلم.
كتبه المرتجي من ربه الغفران: أحمد بن زيني دحلان - مفتي الشافعية بمكة المحمية - غفر الله له، ولوالديه، ومشايخه، والمسلمين.
(الحمد لله) من ممد الكون أستمد التوفيق والعون.نعم، يثاب والي الامر -
ضاعف الله له الاجر، وأيده بتأييده - على منعهم عن تلك الامور التي هي من
البدع المستقبحة عند الجمهور.
قال في (رد المحتار تحت قول الدار
المختار) ما نصه: قال في الفتح: ويستحب لجيران أهل الميت، والاقرباء
الاباعد، تهيئة طعام لهم يشبعهم يومهم وليلتهم، لقوله (ص): اصنعوا لآل جعفر
طعاما
(ما فقد جاءهم ما يشغلهم.حسنه الترمذي، وصححه الحاكم.
ولانه بر ومعروف، ويلح عليهم في الاكل، لان الحزن يمنعهم من ذلك، فيضعفون
حينئذ.وقال أيضا: ويكره الضيافة من الطعام من أهل الميت، لانه شرع في
السرور، وهي بدعة.روى الامام أحمد وابن ماجه بإسناد صحيح، عن جرير بن عبد
الله، قال: كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام من النياحة.اه.
وفي البزاز: ويكره اتخاذ الطعام في اليوم الاول والثالث وبعد الاسبوع،
ونقل الطعام إلى القبر في المواسم إلخ.وتمامه فيه، فمن شاء فليراجع.والله
سبحانه وتعالى أعلم.كتبه خادم الشريعة والمنهاج: عبد الرحمن بن عبد الله
سراج، الحنفي، مفتي مكة المكرمة - كان الله لهما حامدا مصليا مسلما
Terjemahan kalimat yang telah digaris bawahi atau ditulis tebal di atas, di dalam Kitab I’anatut Thalibin :
1. Ya, apa yang dikerjakan orang, yaitu berkumpul di rumah keluarga
mayit dan dihidangkannya makanan untuk itu, adalah termasuk Bid’ah
Mungkar, yang bagi orang yang melarangnya akan diberi pahala.
2. Dan apa yang telah menjadi kebiasaan, ahli mayit membuat makanan
untuk orang-orang yang diundang datang padanya, adalah Bid’ah yang
dibenci.
3. Dan tidak diragukan lagi bahwa melarang
orang-orang untuk melakukan Bid’ah Mungkarah itu (Haulan/Tahlilan : red)
adalah menghidupkan Sunnah, mematikan Bid’ah, membuka banyak pintu
kebaikan, dan menutup banyak pintu keburukan.
4. Dan
dibenci bagi para tamu memakan makanan keluarga mayit, karena telah
disyari’atkan tentang keburukannya, dan perkara itu adalah Bid’ah. Telah
diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah dengan sanad yang Shahih,
dari Jarir ibnu Abdullah, berkata : “Kami menganggap berkumpulnya
manusia di rumah keluarga mayit dan dihidangkan makanan , adalah
termasuk Niyahah”
5. Dan dibenci menyelenggarakan makanan pada hari pertama, ketiga, dan sesudah seminggu dst.
Muhammadiyah, PERSIS dan Al Irsyad, sepakat mengatakan bahwa Tahlilan
(Selamatan Kematian) adalah perkara bid’ah, dan harus ditinggalkan
Dari Thalhah: “Sahabat Jarir mendatangi sahabat Umar, Umar berkata:
Apakah kamu sekalian suka meratapi mayat? Jarir menjawab: Tidak, Umar
berkata: Apakah di antara wanita-wanita kalian semua suka berkumpul di
rumah keluarga mayit dan memakan hidangannya? Jarir menjawab: Ya, Umar
berkata: Hal itu sama dengan meratap”. (al-Mashnaf ibn Aby Syaibah
(Riyad: Maktabah al-Rasyad, 1409), juz II hal 487) dari Sa’ied bin Jabir
dan dari Khaban al-Bukhtary, kemudian dikeluarkan pula oleh Abd
al-Razaq: “Merupakan perbuatan orang-orang jahiliyyah niyahah , hidangan
dari keluarga mayit, dan menginapnya para wanita di rumah keluarga
mayit”. (al-Mashnaf Abd al-Razaq al-Shan’any (Beirut: al-Maktab al-
Islamy, 1403) juz III, hal 550. dikeluarkan pula oleh Ibn Abi Syaibah
dengan lafazh berbeda melalui sanad Fudhalah bin Hashien, Abd al-Kariem,
Sa’ied bin Jabbier) Dari Ibn Aby Syaibah al-Kufy: “Telah berbicara
kepadaku Yan’aqid bin Isa dari Tsabit dari Qais, beliau berkata: saya
melihat Umar bin Abdul Aziz melarang keluarga mayit mengadakan
perkumpulan, kemudian berkata: kalian akan mendapat bencana dan akan
merugi”.
Dari Ibn Aby Syaibah al-Kufy: “Telah berbicara kepada
kami, Waki’ bin Jarrah dari Sufyan dari Hilal bin Khabab al Bukhtary,
beliau berkata: Makanan yang dihidangkan keluarga mayat adalah merupakan
bagian dari perbuatan Jahiliyah dan meratap merupakan bagian dari
perbuatan jahiliyah”.
Syekh Nawawi al-Bantani, Syekh Arsyad
al-Banjary dan Syekh Nuruddin ar- Raniry yang merupakan peletak
dasar-dasar pesantren di Indonesia pun masih berpegang kuat dalam
menganggap buruknya selamatan kematian itu.
“Shadaqah untuk
mayit, apabila sesuai dengan tuntunan syara’ adalah dianjurkan, namun
tidak boleh dikaitkan dengan hari ke tujuh atau hari- hari lainnya,
sementara menurut Syaikh Yusuf, telah berjalan kebiasaan di antara
orang-orang yang melakukan shadaqah untuk mayit dengan dikaitkan
terhadap hari ketiga dari kematiannya, atau hari ke tujuh, atau
keduapuluh, atau keempatpuluh, atau keseratus dan sesudahnya hingga
dibiasakan tiap tahun dari kematiannya, padahal hal tersebut hukumnya
makruh.
Demikian pula makruh hukumnya menghidangkan makanan
yang ditujukan bagi orang-orang yang berkumpul pada malam penguburan
mayit (biasa disebut al-wahsyah), bahkan haram hukumhukumnya biayanya
berasal dari harta anak yatim”. (an-Nawawy al-Bantani, Nihayah al-Zein
fi Irsyad al-Mubtadi’ien (Beirut: Dar al-Fikr) hal 281).
Pernyataan senada juga diungkapkan Muhammad Arsyad al-Banjary dalam
Sabiel al-Muhtadien (Beirut: Dar al-Fikr) juz II, hal 87, serta Nurudin
al-Raniry dalam Shirath al-Mustaqim (Beirut: Dar al-Fikr) juz II, hal
50)
Dari majalah al-Mawa’idz yang diterbitkan oleh NU pada
tahun 30-an, menyitir pernyataan Imam al-Khara’ithy yang dilansir oleh
kitab al-Aqrimany disebutkan: “al-Khara’ithy mendapat keterangan dari
Hilal bin Hibban r.a, beliau berkata: ‘Penghidangan makanan oleh
keluarga mayit merupakan bagian dari perbuatan orang-orang jahiliyah’.
kebiasaan tersebut oleh masyarakat sekarang sudah dianggap sunnah, dan
meninggalkannya berarti bid’ah, maka telah terbalik suatu urusan dan
telah berubah suatu kebiasaan’. (al-Aqrimany dalam al-Mawa’idz;
Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286).
Dan para ulama berkata: “Tidak pantas orang Islam mengikuti kebiasaan
orang Kafir, oleh karena itu setiap orang seharusnya melarang
keluarganya dari menghadiri acara semacam itu”. (al-Aqrimany hal 315
dalam al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel Oelama Tasikmalaya, Th. 1933,
No. 18, hal.285)
Al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati dalam
kitabnya I’anah at- Thalibien menghukumi makruh berkumpul bersama di
tempat keluarga mayat, walaupun hanya sebatas untuk berbelasungkawa,
tanpa dilanjutkan dengan proses perjamuan tahlilan.
Beliau
justru menganjurkan untuk segera meninggalkan keluarga tersebut, setelah
selesai menyampaikan ta’ziyah. (al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati,
I’anah at- Thalibien (Beirut: Dar al-Fikr, 1414) juz II, hal 146)
Ibnu Taimiyah ketika menjawab pertanyaan tentang hukum dari al-Ma’tam:
“Tidak diterima keterangan mengenai perbuatan tersebut apakah itu hadits
shahih dari Nabi, tidak pula dari sahabat-sahabatnya, dan tidak ada
seorangpun dari imam-imam muslimin serta dari imam madzhab yang empat
(Imam Hanafy, Imam Maliki, Imam Syafi’i, Imam Ahmad) juga dari imam-imam
yang lainnya, demikian pula tidak terdapat keterangan dari ahli kitab
yang dapat dipakai pegangan, tidak pula dari Nabi, sahabat, tabi’ien,
baik shahih maupun dlaif, serta tidak terdapat baik dalam kitab-kitab
shahih, sunan-sunan ataupun musnad-musnad, serta tidak diketahui pula
satupun dalam hadits-hadits dari zaman nabi dan sahabat.
”
Menurut pendapat Mufty Makkah al-Musyarafah, Ahmad bin Zainy Dahlan yang
dilansir dalam kitab I’anah at-Thalibien: “Tidak diragukan lagi bahwa
mencegah masyarakat dari perbuatan bid’ah munkarah tersebut adalah
mengandung arti menghidupkan sunnah dan mematikan bid’ah, sekaligus
berarti menbuka banyak pintu kebaikan dan menutup banyak pintu
keburukan”. (al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati, I’anah at-Thalibien
juz II, hal 166)
Memang seolah-olah terdapat banyak unsur
kebaikan dalam tahlilan itu, namun bila dikembalikan ke dalam hukum
agama dimana Hadits ke-5 Arba’in an- Nawawiyah disebutkan: “Dari Ummul
mukminin, Ummu ‘Abdillah, ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata bahwa
Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu dalam
urusan agama kami ini yang bukan dari kami, maka dia tertolak”. (Bukhari
no. 2697, Muslim no. 1718)
Ahli Sunnah wal Jama’ah adalah
instrumen untuk menjaga kemurnian Islam ini meskipun sampai akhir zaman
Allah tidak mengutus Rasul lagi. Dibalik larangan bid’ah terkandung
hikmah yang sangat besar, membentengi perubahan- perubahan dalam agama
akibat arus pemikiran dan adat istiadat dari luar Islam.
Bila
pada umat-umat terdahulu telah menyeleweng agamanya, Allah mengutus
Rasul baru, maka pada umat Muhammad ini Allah tidak akan mengutus Rasul
lagi sampai kiamat, namun membangkitkan orang yang memperbarui agamanya
seiring penyelewengan yang terjadi. Ibadah yang disunnahkan dibandingkan
dengan yang diada-adakan hakikatnya sangat berbeda, bagaikan
uang/ijazah asli dengan uang/ijazah palsu, meskipun keduanya tampak
sejenis.
Yang membedakan 72 golongan ahli neraka dengan 1
golongan ahli surga adalah sunnah dan bid’ah. Umat ini tidak
berpecahbelah sehebat perpecahan yang diakibatkan oleh bid’ah.
Perpecahan umat akibat perjudian, pencurian, pornografi, dan kemaksiatan
lain akan menjadi jelas siapa yang berada di pihak Islam dan
sebaliknya.
Sedang perpecahan akibat bid’ah senantiasa lebih rumit, kedua belah pihak yang bertikai kelihatannya sama-sama alim.
Ibn Abbas r.a berkata: “Tidak akan datang suatu zaman kepada manusia,
kecuali pada zaman itu semua orang mematikan sunnah dan menghidupkan
bid’ah, hingga matilah sunnah dan hiduplah bid’ah. tidak akan ada orang
yang berusaha mengamalkan sunnah dan mengingkari bid’ah, kecuali orang
tersebut diberi kemudahan oleh Allah di dalam menghadapi segala kecaman
manusia yang diakibatkan karena perbuatannya yang tidak sesuai dengan
keinginan mereka serta karena ia berusaha melarang mereka melakukan apa
yang sudah dibiasakan oleh mereka, dan barangsiapa yang melakukan hal
tersebut, maka Allah akan membalasnya dengan berlipat kebaikan di alam
Akhirat”.(al- Aqriman y hal 315 dalam al-Mawa’idz; Pangrodjong
Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286)
Sehingga disimpulkan oleh Majalah al-Mawa’idz bahwa mengadakan perjamuan
di rumah keluarga mayit berarti telah melanggar tiga hal:
1. Membebani keluarga mayit, walaupun tidak meminta untuk menyuguhkan
makanan, namun apabila sudah menjadi kebiasaan, maka keluarga mayit akan
menjadi malu apabila tidak menyuguhkan makanan.
2. Merepotkan keluarga mayit, sudah kehilangan anggota keluarga yang dicintai, ditambah pula bebannya.
3. Bertolak belakang dengan hadits. Menurut hadits, justeru kita
(tetangga) yang harus mengirimkan makanan kepada keluarga mayit yang
sedang berduka cita, bukan sebaliknya. (al-Mawa’idz; Pangrodjong
Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, hal 200)
Kemudian, berdasarkan
keterangan Sayid Bakr di dalam kitab ‘Ianah, ternyata para ulama dari
empat madzhab telah menyepakati bahwa kebiasaan keluarga mayit
mengadakan perjamuan yang biasa disebut dengan istilah nyusur tanah,
tiluna, tujuhna, dst merupakan perbuatan bid’ah yang tidak disukai agama
(hal 285).
Melalui kutipan-kutipan tersebut, diketahuilah
bahwa sebenarnya yang menghukumi bid’ah munkarah itu ternyata
ulama-ulama Ahl as-Sunnah wa al- Jamaah, bukan hanya (majalah) Attobib,
al-moemin, al-Mawa’idz. tidak tau siapa yang menghukumi sunat, apakah
Ahl as-Sunnah wa al-Jamaah atau bukan (hal 286). Dan dapat dipahami dari
dalil-dalil terdahulu, bahwa hukum dari menghidangkan makanan oleh
keluarga mayit adalah bid’ah yang dimakruhkan dengan makruh tahrim
(makruh yang identik dengan haram). Demikian dikarenakan hukum dari
niyahah adalah haram, dan apa yang dihubungkan dengan haram, maka
hukumnya adalah haram”. (al-Aqrimany hal 315 dalam al- Mawa’idz;
Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286)
Kita tidaklah akan lepas dari kesalahan, termasuk kesalahan akibat
ketidaktahuan, ketidaksengajaan, maupun ketidakmampuan. Namun jangan
sampai kesalahan yang kita lakukan menjadi sebuah kebanggaan. Baik yang
menghukumi haram maupun makruh, sebagaimana halnya rokok, tahlilan, dll
selayaknya diusahakan untuk ditinggalkan, bukan dibela-bela dan
dilestarikan.
http://aslibumiayu.wordpress.com/2012/04/08/hukum-tahlilan-menurut-nu-silahkan-dibaca-mudah-mudahan-bermanfaat/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar