Dosa Orang Tua melarang anaknya nikah dengan kekasihnya




Sangat disayangkan sekali apabila hal ini terjadi, mungkin sekian banyak orang didunia ini selalu menganggap seorang anak telah mendurhakai orang tuanya. Memang harus banyak pertimbangan ketika orang tua telah berbuat seperti itu.

Jika ada orang tua yang melarang anaknya menikah dengan orang yang disukainya maka tidak perlu ditaati?

Jika ada orang tua yang melarang anaknya menikah dengan orang yang dicintainya, maka larangan orang tua itu tidak perlu ditaati, dengan syarat bahwa orang yang akan dinikahinya itu memang layak untuk dinikahinya dan tidak menimbulkan dampak negatif yang lebih besar daripada jika tidak menikahinya.

Karena pada dasarnya menikah adalah hak anak, dan yang akan menikah adalah sang anak, bukan sang orang tua.

Berikut ini petikan fatwa dari syaikh bin baz dalam masalah ini:


MENANGGUHKAN PERNIKAHAN PUTRI

Oleh : Syaikh Abdul Aziz bin Baz

Pertanyaan.:
Syaikh Abdul Aziz bin Baz ditanya : Apabila ada seorang lelaki yang datang untuk meminang seorang gadis, akan tetapi walinya (ayahnya) menolak dengan maksud agar putrinya tidak menikah, maka bagaimana hukumnya ?


Jawaban

Seharusnya para wali segera mengawinkan putri-putrinya apabila dipinang oleh laki-laki yang setara, apalagi jika mereka juga ridha. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda.
“Artinya : Apabila datang kepada kamu orang yang kamu ridhai agama dan akhlaknya untuk meminang (putrimu) makan kawinkanlah ia, sebab jika tidak, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi ini dan malapetaka yang sangat besar” [Riwayat At-Turmudzi, dan Ibnu Majah. Hadits ini adalah hadits Mursal, namun ada hadits lain sebagai syahidnya diriwayatkan oleh At-Turmudzi]
Dan tidak boleh menghalangi mereka menikah karena supaya menikah dengan lelaki lain dari anak pamannya atau lainnya yang tidak mereka suka, ataupun karena ingin mendapat harta kekayaan yang lebih banyak, ataupun karena untuk tujuan-tujuan murahan lainnya yang tidak dibenarkan oleh syari’at Allah dan Rasul-Nya.

Kewajiban waliul amr (ulama dan umara) adalah menindak tegas orang yang dikenal sebagai penghalang perempuan untuk menikah dan memperbolehkan para wali lainnya yang lebih dekat kepada sang putri untuk menikahkannya sebagai penegakan keadilan dan demi melindungi pemuda dan pemudi agar tidak terjerumus ke dalam apa yang dilarang oleh Allah (zina) yang timbul karena kezaliman dan tindakan para wali menghalang-halangi mereka untuk menikah.
Kita memohon kepada Allah, semoga memberikan petunjukNya kepada semua dan lebih mendahulukan kebenaran atas kepentingan hawa nafsu.

[Kitabud Da’wah, hal 165, dan Fatawa Syaikh Ibnu Baz]
[Disalin dari. Kitab Al-Fatawa Asy-Syar’iyyah Fi Al-Masa’il Al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama Al-Balad Al-Haram, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Terkini, hal 395-396 Darul Haq]

Sumber : Berbagai Sumber

92 komentar:

  1. bagaimana apabila tidak direstui menikahnya gara gara status lelaki pilihan anak tersebut duda ? dan seperti yang saya alami sekarang saya sampai dikurung sudah 2 bulan dirumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astagfirullah
      1. Pilihlah Jodoh yang Baik Agamanya, Yakni Taat kepada Allah dan Rasul-Nya
      2. Enak Dipandang Karena Kecantikan atau Ketampanannya
      3. Nasabnya atau Silsilah Keturunannya
      4. Setara Hartanya

      Apabila empat hal yg menjadi pertimbangan sesuai syariat di atas di rasa cukup maka segeralah menikah.
      Beri pengertian orang tua. Yakinkan orang tua bahwa lelaki pilihan adl sesuai dan bertanggung jawab serta soleh.
      Adapun orang tua melarang, pasti ad alasan kuat.
      InsyaAllah, niat baik akan selalu di mudahkan Allah

      Hapus
    2. Setara hartanya sedih juga dengernya

      Hapus
    3. bagaimana jika saya perempuan, orang tua saya tidak menyetujui hubungan saya karena dia dari keturunan tidak baik, karena ibunya (Alm) sewaktu hidup adalah wanita pangilan.dan orang tua saya belum sama sekali mengenal pilihan saya ini.. terlebih lagi dia cacat, brokenhome, ayahnya penganguran dan dia hidup dgan neneknya.
      tapi selama saya mengenal dia tidak ada sedikit cacatpun dengan hatinya, saya yakin akan bisa bahagia dengannya, tapi sekarang saya sedang dimarahi dan tidak boleh beraktifitas keluar rumah agar tidak bertemu dia lagi.
      mohon pencerahannya teman2,

      Hapus
  2. Saya mau tanya.....apa salah saya memilih kebahagian saya sendri dgn lelaki yg sudah matang dlm rumah tangga.tpi ada satu kendala kenpa orng tu saya melarang saya menikah karna ada mslh di kulit nya yaitu bintik2 putih.apa salah saya memilih dy.tlng beri saya solusi.krna saya udh naikan masalah ini ke makamah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai anak kita wajib taat kepada orang tua. Akan tetapi antara anak dan orang tua memiliki batas batas hak dan tnggung jawab diantara keduanya...Nah dalam hal ini yg berkaitan dengan pernikahan yg tidak direstui oleh orang tua sah sah saja karna orang tua memiliki hak ataas diri kita akan tetaapi kita harus melihat alasan alasannya. Kalau dengan alasan sar,i kita wajib patuh kepadanya,,,
      Contoh alasan yg sar,i memiliki cacat badan yang tdak dapat disembuhkan, si anak sudah di pinang oleh orang lain laki laki yang akan dinikahi suka berzina mabok berjudi dan lain sebagainya...

      Hapus
    2. apa yang membuat anda bersikeras menikahinya? apakah anda sudah tau luar dalamnya? atau sangat bernafsu untuk memilikinya...

      Hapus
  3. Saya mau bertanya
    Bgaimana jika pihak laki yg tidak menyetujui pernikahan,dg alasan wanita tsb tidak sekufu, laki laki itu hanya boleh menikah dg wanita yg organisasinya sama dg kluarga laki laki trsebut

    BalasHapus
  4. saya mau bertanya hukum islam thdp pilihan laki2 meminang wanitanya ttpi org tua laki2 tdk merestuinya,ttpi mreka sling cinta..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mewakilkan masalah saya...
      orang tua saya ga setuju
      saya harus gimana ya

      Hapus
    2. Masalah kita sama. Saya termasuk yang tidak mendapat restu

      Hapus
    3. Sama nih, ortu dari laki laki belum setuju. Alasannya karena materi dan anaknya belom lulus kuliah. Padahal anaknya siap mental untuk melamar saya..

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum.
    Saya mau bertanya. Bagaimana jika Ayah saya sudah menyetujui saya menikah dengan lelaki pilihan saya. tetapi ibu saya tidak, krna harus mmpunyai rumah trlebih dahulu. Sdngkan utk membeli rumah yg hrga skian juta harus menabung dan butuh waktu yg lama lg.
    Saya harus bagaimana?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Assalammualaikum...pertanyaan saya sama dengan mbk @intan Nuryenni..
    Namun ad tambahan,bahwa alasan ibu saya tidak setuju dengan calon suami yg saya pilih adalah...tidak sreg di hati seorang ibu..(menurut saya tidak jelas) dan selalu mencari2 alasan2 laen fisik lah,yg belum punya rumah,pilihan saya dilihat seperti pemalas dll..padahal calon pilihan saya sudah punya kerja tetap..sya bingung sekali dan merasa tertekan sekali krn pasti berselisih terus jika membicarakan ttg pilihan saya,padahal kami sudah siap menikah lahir dan batin. sudah berkali2 saya berbicara ttg ini memohon pengertianny namun alasan msh sama..dan seperti mengancam saya kalo masih komunikasi dg pilihan saya,akan berbuat nekad..bapak saya nurut ibu,karna lebih dominan Ibu drpd Bapak kalo di rumah, mohon pencerahanya..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slm kenal farzhou89..
      Saya yuni..
      Kisahmu sm persis dg yg q alami saat ini..
      Entah apa alasan ibu smpe tdk mnyetujui hub.q dg pacarq yg sdh siap mnjalani rmh tngga.. ayahq sdh iklhas tp krna ibuq yg blm ikhlas jd ayah q mnurut dg smua yg dkatakan ibuq. Skg apa yg hrs q lakukan?? Krna di sisi lain, pihak si pria sdh mnyiapkan segala sesuatunya.. maaf.. utk saat ini mba farzhou sdh melanjutkan prnikahan atw blm???

      Hapus
    2. Slm kenal farzhou89..
      Saya yuni..
      Kisahmu sm persis dg yg q alami saat ini..
      Entah apa alasan ibu smpe tdk mnyetujui hub.q dg pacarq yg sdh siap mnjalani rmh tngga.. ayahq sdh iklhas tp krna ibuq yg blm ikhlas jd ayah q mnurut dg smua yg dkatakan ibuq. Skg apa yg hrs q lakukan?? Krna di sisi lain, pihak si pria sdh mnyiapkan segala sesuatunya.. maaf.. utk saat ini mba farzhou sdh melanjutkan prnikahan atw blm???

      Hapus
  8. U. Mb intan n mz farzhou.
    Pendapat sy,kl kalian sdh mantap n siap lahir batin lanjutkan sja. Segeralah menikah sebelum terjadi zinah. Audzubillahiminzhaliq..
    Mlsh g setuju ortu laki laki it tdk mslh. Yg trpntg wali perempuan. Klo mslh ibu msh bnyk maunya. Brati iman ibu blm kiat n msh keduniawiannya. Tp gpp kalian maju saja. Tunjukkan bahwa kalian mampu membuktikan bahwa kalian bisa n tidak salah pilih. Dan jgm lp berpasrahlah kpd Allah swt. Rezeki, jodoh mati ditangan Allah
    Manusia hanya bs menjalani n brusaha..

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas masukannya...oh ya maaf,,@luphy Saya wanita..boleh minta masukanny lagi?apakah saya termasuk anak durhaka,jika saya tidak mengikuti pinta ibu saya untuk meninggalkan pilihan saya(pria)? Krn kami masih ingin berusaha mendapatkan restu ortu saya..kalau ortu pilihan saya(pria) tidak ada masalah dan bisa terima dengan baik. Wassalam

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas masukannya...oh ya maaf,,@luphy Saya wanita..boleh minta masukanny lagi?apakah saya termasuk anak durhaka,jika saya tidak mengikuti pinta ibu saya untuk meninggalkan pilihan saya(pria)? Krn kami masih ingin berusaha mendapatkan restu ortu saya..kalau ortu pilihan saya(pria) tidak ada masalah dan bisa terima dengan baik. Wassalam

    BalasHapus
  11. Saya ingin bertanya, bagaimana kl saya dah calon sudah ingin menikah tetapi pihak ibu saya melarang karena alasan saya blm lulus kuliah sehingga beliau menghasut ayah saya untuk tidak mengijinkan saya menikah. Sedang dari pihak calon suami saya sudah ingin segera menikah.

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum . nama saya adhel . muslim . saya ingin berbagi sedikit pengalaman yg mungkin beberapa dr kita pernah mengalaminya . saya gadis berusia 25 tahun . saya mempunyai seorang pacar dengan status duda . muslim . anak 1 dengan latar belakang istri nya meninggal . anak nya perempuan umur 2 tahun . singkat cerita saya menjalani hubungan sudah hampir 1 tahun . selama 1 tahun ini saya sudah cukup dekat dan menjalin hubungan kekeluargaan yang cukup baik dengan mertua pacar saya . begitu juga dengan anak pacar saya . info dr keluarga terdekat bahwa anak nya merasa kalau saya adalah ibu kandung nya . keluarga dr pacar saya pun hampir semua juga setuju dengan hubungan kami . termasuk dari keluarga saya sendiri . semua sudah support dn tidak ada membedakan sttus pacar sya itu . tp di sisi lain . ibu kandung dr pacar saya tidak menyetujui hubungan kami dengan alasan yg tidak jelas . katanya hanya tidak pantas . hal itu saya ketahui saat hubungan kami beranjak 6 bulan . pacar saya menceritakan semua kpda saya . awal nya saya tidak percaya . setelah berjalan 8 bln hal ini semakin menghantui hubungan kami . kami memang sudah berniat untuk naik ke level yg lbh serius yaitu mnikah . tapi dibalik itu tidak ada bya restu dr ibu pcr saya menjadi ganjal dalam hati . selama saya menjalin hubungan dgn pacar saya , saya brusaha mendekatkan diri dn berkelakuan baik kpda smua kluarga . trutama ibu nya . dn hal itu pun di akui oleh nenek dan ayah pacar saya . tapi mengapa ibu pacar saya ttp tidak menyetujui hubungan kami dengan alasan yg tidak jelas tersebut . apakah yg harus saya lakukan . ttap mlanjutkan hubungan tanpa restu ibu nya ataukah memutuskan hubungan yg sdh d prjuangkan cukup lama . mohon solusi dari teman2 yg mungkin mampu membantu kami melewati masa masa sulit ini .. Trima kasih , assalamualaikum .

    BalasHapus
  13. Saya ingin bertanya, jika orang tua tdk menyetujui krn laki-laki pilihan saya berbeda keyakinan, apakah itu termasuk dosa krn sdh menghalangi jln jodoh anaknya?
    Karena menurut saya,yg namanya agama itu hanyalah jln/cr setiap umat manusia untuk taat kepada TUHANnya, yg sebenarnya haruslah kita yakini, n percya adanya ALLAH/Tuhan itu cm 1. Hanya penyebutannya sj yg berbeda dr setiap agama. Mungkin dsini, ada yg bisa jlskn kepada sy, knp setiap permasalahan dlm jodoh slalu dipermasalahkan atw diutamakan AGAMAnya? Sedangkan yg namnya agama, semua itu sma tujuannya, yaitu mendekatkan diri kepada TUHANnya.? Bkn bgt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afwan, mbak @BloggerDhyanindia mungkin disini bs mbak temukan jawabannya http://rektor.unipdu.ac.id/hukum-menikah-tanpa-restu-orangtua/ 😊

      Hapus
  14. Bagaimana hukumnya jika ibunya tidak merestui hubungan serius anaknya hanya karena jarak geografis saja?

    BalasHapus
  15. rya irawan
    saya ingin bertanya.
    kenapa orang tua saya tidak merestui saya untuk menikah dengan dia.
    padahal saya sudah bertungan dengan dia. 5 hari lagi mau nikah tiba2 orang tua saya tidak merestui lagi hubungan kami. mohon saranya gmna caranya agar kami bisa menikah ?

    BalasHapus
  16. Bagaimana kalo untuk seorang pria yg ingin menikah tp oramg tua tidak mengizikan? Apakah harus kawin lari?

    BalasHapus
  17. Sebagai masukan untuk semuanya, apabila pernikahan berlandaskan ibadah karena takut akan dosa (zinah) dan keinginan sang pria menikahi wanita berlandaskan ibadah karena Allah dan orangtua wanita melarangnya maka bujuklah dengan ayat2 Allah dengan rendah hati dan sopan tp apabila orangtua wanita tetap tidak mengijinkan coba cari solusi lain kepada orang yg mempunyai pengaruh dalam hal agama/ bujuk orang itu menasihati orangtua perempuan tp apabila sang orangtua perempuan tetap tidak mengijinkan dengan alasan yang tidak jelas asal usulnya/ dasarnya maka dengan terpaksa carilah wali yg lain dan menikahlah kalian tp ingat menikah itu adalah ibadah dan perintah dari Allah maka cobalah meminta jawaban kepada Dia. Semoga membantu.

    BalasHapus
  18. Bagaimana jika orang tua pihak laki2 setuju dan ingin menikahkan putranya serentak dengan pernikahan adik perempuannya, sedangkan kakaknya (laki2) harus menuruti keinginan orang tuanya dengan mempertimbangkan biaya prnikahan. Padahal pihak perempuan dari calon istri laki2 ingin segera menikahkan putrinya walaupun dengan resepsi seadanya?

    BalasHapus
  19. Saya mau bertanya..?sepasang kekasih yang tak saya kenal telah lari dari rumahnya masing2, mereka minta dinikahkan,, sementara kelurga sang perempuan tidak setuju.jika ortu atau keluarga tidak setuju menikahi anak nya. Apa yang harus saya lakukan kepada sepasang kekasih tersebut.. sementra keluarga nya meminta banyak syarat kepada sang laki2 yang tak bisa dipenuhinya.. lalu sepasang kekasih meminta saya untuk menikahkan nya.apa yang harus saya lakukan, sementara nikah melalui hukum negara, bnyak syaratnya...? Tolong jawab saya.

    BalasHapus
  20. Saya mau bertanya..?sepasang kekasih yang tak saya kenal telah lari dari rumahnya masing2, mereka minta dinikahkan,, sementara kelurga sang perempuan tidak setuju.jika ortu atau keluarga tidak setuju menikahi anak nya. Apa yang harus saya lakukan kepada sepasang kekasih tersebut.. sementra keluarga nya meminta banyak syarat kepada sang laki2 yang tak bisa dipenuhinya.. lalu sepasang kekasih meminta saya untuk menikahkan nya.apa yang harus saya lakukan, sementara nikah melalui hukum negara, bnyak syaratnya...? Tolong jawab saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang tua jaman sekarang lebih memikirkan duniawi daripada pahala di surga
      aku juga tidak mendapatkan restu dari orang tuaku
      karena pacarku seorang duda, orang tidak punya
      aku di kurung selama 2 bulan
      bahkan orang tuaku bilang tidak apa2 kalo aku tidak menikah
      bahkan rela kalo aku jadi perawan tua
      tapi keinginanku menikah sangat kuat
      aku sudah tahajud sudah sholat
      tapi allah belum memberi jalan keluar
      orangtua ku main dukun juga
      pacarku sakit hati karena omongan orang tuaku yang tidak menghargai keluarganya
      bahkan orang lain tidak mampu menolong 😞

      Hapus
    2. menurut ilmu yg ana dapat, perdalam ilmu agama mereka. carilah jodoh yg sepadan, yg kuat agamanya. perempuan menikah wajib didampingi wali, dan tak sah jika tak ada. takutnya jadi zina. serta, syarat dari keluarga wanita tidak wajib dipenuhi. perbanyak do'a minta ortu mereka diberi hidayah. cari ceramah di youtube tentang pernikahan. kajian" yang sesuai sunnah banyak di youtube. kebetulan ana juga belum direstui untuk menikah karena faktor duniawi, sementara syahwat sudah bergejolak.

      Hapus
  21. Assalamualaikum . Saya sudah mau menikah orang tua melarang karena calon saya tidak begitu pintar masalah agama. Padahal dia berjanji dia akan trus belajar masalah agama. Namun orang tua tetep bersikukuh dengan pendirian nya. Jika saya menentang apakah saya termasuk anak durhaka?? Mohon solusinya

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum, solusi terbaik bagi prmasalahan2 sprti ini dapat diselesaikan dengan cara pergi k masjid, bertanya lngsung kepada ustadz dan kiai, jangan mencari jawaban hanya di internet, karena internet tidak bertanggung jawab dengan hasilnua nanti, tapi klo kiai dn ustadz punya tanggung jawab utk menyelesaikan masalhnya smpai tuntas... jgn putuskan sendiri, tanyalah sma org yg paham tntg masalah anda, JANGAN PUTUS ASA, terus percaya dgn pertolongan Allah SWT. Untuk yg nikah beda agama, itu dosa besar dan zinah seumur hidup smpai cerai, jgan gegabah mengambil keputusan, jgan permainkan agama karena cinta di dunia fana, akhirat adalah kampung kita sebenarnya, masalah ini sangat serius, langsung tanya k ustadz dn kiai agar tidak salah langkah saudara saudariku...

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum, solusi terbaik bagi prmasalahan2 sprti ini dapat diselesaikan dengan cara pergi k masjid, bertanya lngsung kepada ustadz dan kiai, jangan mencari jawaban hanya di internet, karena internet tidak bertanggung jawab dengan hasilnua nanti, tapi klo kiai dn ustadz punya tanggung jawab utk menyelesaikan masalhnya smpai tuntas... jgn putuskan sendiri, tanyalah sma org yg paham tntg masalah anda, JANGAN PUTUS ASA, terus percaya dgn pertolongan Allah SWT. Untuk yg nikah beda agama, itu dosa besar dan zinah seumur hidup smpai cerai, jgan gegabah mengambil keputusan, jgan permainkan agama karena cinta di dunia fana, akhirat adalah kampung kita sebenarnya, masalah ini sangat serius, langsung tanya k ustadz dn kiai agar tidak salah langkah saudara saudariku...

    BalasHapus
  24. Sya ingin bertnya, saya sudah bertunangan, sya mau melnjutkan ke jnjang yg lebih pernikahan, tetapi ibu sya tidak setujuh sebelum selesai kulia,, dan mendapatkan kerja, apa bila sya mau menikah, sya selalu di marahin dan di bilg hidup tag akan senang , ap yg harus saya lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukhti, ini ada kajian yang sering ana dengar. semoga bisa membantu..
      https://www.youtube.com/watch?v=nnx7F4zJv5M

      Hapus
  25. Saya inginnn bertanya,, saya dan calon istri saya ud siap menikah,,ud sama2 kerja ud ada niat baik untuk menikahh,, jika orang tua melarang saya menikah di karenakan kakak saya belum ingin menikah itu gimana y dosa dan kasih penjelasan kepada orang tua saya,,

    BalasHapus
  26. Saya inginnn bertanya,, saya dan calon istri saya ud siap menikah,,ud sama2 kerja ud ada niat baik untuk menikahh,, jika orang tua melarang saya menikah di karenakan kakak saya belum ingin menikah itu gimana y dosa dan kasih penjelasan kepada orang tua saya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kajian dan membahas ini. semoga bisa membantu. kebetulan ana singgah membaca komentar antum.
      https://www.youtube.com/watch?v=CFPkE4b6Hkc

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Saya mau bertanya
    Bagaimana dengan saya
    Saya sdh ada berkeinginan menikah , namun saya masih muda
    Namun kedua org tua saya tdk merestui lantaran org yg saya cintai memiliki paras wajah yg tdk dengn selera org tua saya dn hrta yg pas"an jauh di bawah saya . Tp dia setia memperjuangkan sya selama 6 th , dia jg sdh memenuhi kriteria dlm islam pula.. Sya tdk memikirkan keadaan org yg sya cintai krna menikah yg mnjalani saya, dn akn memulai dri nol .. Dn kedua org tua saya berusaha memisahkan sya .. Org tua saya (maaf sya agak menyebut aib org tua saya) selalu menjelek"an org yg sya cintai pdhal yg sllu bersama dia saya bkn org tua saya . Sebenrnya masih bnyk lgi tp setidknya ini dlu . Mohon jwbnnya makasih

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum
    saaya ingin bertanya
    bagaimna dgn saya, saya mempunyai pcr hub kami sudah 10 bulan dy temn saya dri SD. semenjak saya pacaran saya baru sdar ternyata bnyak skali larangannya....jauh lebih berbeda ktika saya masih temn dekat kurang lebih 2 stengah tahun yg lalu..sekrang ini dy melarang saya komunikasi sama teman maupun sahabat saya yg dr jaman kuliah..sma..smp...maupun SD...saya berpergian sama keluarga maupun spu2 saya sendiri pun dy larang kecuali orangtua saya..tapiorang tua saya jauh..sedangkan saya tnggal sama kel dan spu2 saya.. niat dy mau nikahi saya memng ada dan sdah ada rencana tahun depan Insya Allah ... dia juga sdah kasi kenal saya dgn keluargax..bgitupun saya sebalikx... tpi knpa dy melarang saya ini dan itu..? setiap kluarga saya mau kluar kesana kemari belum juga saya ikut itu sdah menjadi masalah dalam hub. saya pdhal kaalau di fikir apa salah saya... apa dy bilng saya slalu menurut..
    Apakah cuman saya yg mengalami hal ini...??
    mohon masuknnya saya harus bgaimna..?

    BalasHapus
  30. saya ingin bertanya,
    bagaimana dg saya yg tak direstui karna sang lelaki pernah menyakiti hati ibu saya..??
    tetapi setiap orang bisa diberikan kesempatan kedua kan?
    sang lelaki ingin menikahi saya berkali2 datang kerumah,tetapi ibu dan keluarga saya menolak..
    mohon masukannya

    BalasHapus
  31. saya ingin bertanya,
    bagaimana dg saya yg tak direstui karna sang lelaki pernah menyakiti hati ibu saya..??
    tetapi setiap orang bisa diberikan kesempatan kedua kan?
    sang lelaki ingin menikahi saya berkali2 datang kerumah,tetapi ibu dan keluarga saya menolak..
    mohon masukannya

    BalasHapus
  32. Apa yang harus saya lakukan ketika ayah saya menolak pria yang ingin menikahi saya dengan alasan pria tsb pendidikan lebih rendah dari saya (saya S1 sdgkn ia SMA), namun pria tsb adalah pria yang sholeh
    Mohon penjelasannya
    Terima kasih

    BalasHapus
  33. Apa yang harus saya lakukan ketika ayah saya menolak pria yang ingin menikahi saya dengan alasan pria tsb pendidikan lebih rendah dari saya (saya S1 sdgkn ia SMA), namun pria tsb adalah pria yang sholeh
    Mohon penjelasannya
    Terima kasih

    BalasHapus
  34. Askun wr.wb
    Saya ingin bertanya tentang hubungan saya dengan kekasih saya, saya merasa bgung dlu hbgn saya yg hampir stgh tahun ini mendapatkan restu dari ibu saya akan tetapi akhir akhir ini ibu saya menyeuruh saya sdkit dihilangkan kedekatan itu dengan kekasih saya dikarenakan ibu saya lbih percaya pada kiyai yang meramal hbgn saya bakalan ada perslgkuhan sedangkan ayah saya memperbolehkan hbgn saya trsbut justru mendoakan yg terbaik
    Apakah dosa saya menentang keinginan ibu agar brpisah sdngkan saya sudh terlanjur mencintai kekasih saya???
    Dan mnta saran yg baik agar dapat diperlurus hbgn ini kepada ibu saya

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum WR.Wb
    Saya ingin bertanya bagaimana cara berbicara pada Ibu saya yang bersifat keras dia akan merestui hubungan saya kalo calon saya memberi uang mahar 50 juta tambah emas satu set serta beras untuk acara pernikahan. Pihak laki2 hanya bisa 30 juta tapi ibu saya tidak setuju dan kami hanya diberi waktu 4 bulan apakah tindakan ibu saya benar.. alasan dia karna dia gamau tambahin uang buat acara resepsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba ortua ku juga terutama ibu. Dia min 50 jt krna dia ga suka sm pasangan sy.

      Hapus
    2. Kok sama sih, tiba2 jd ada syarat sekiannya 😢

      Hapus
  36. Assalamu'alaikum sy juga mau tanya . Sy udh pcrn kurang LBH 2,5 tahun . D awal pacaran org tua ku biasa2 aja, tp makin ke sini dia makin ga suka sm psng saya Karna pengaruh Dr abng saya. Dia terlalu nurut ke abng saya. Bahkan abang saya bawa cewek tdur krmh sy kn marah dia malah marahin saya. Cewek itu malah d ajaknya Jalan2. Jujur sy ga Abs fikir, saya juga pernah menyampaikan ingin menikah trus kt dia ga akan setuju sampai matipun. Sy bingung jujur krna sy mau menikah dalam wktu dekat ini, klo bapak saya setuju2 aja. Trus skrg sy mau mulai usaha, dan mau Mnta modal bpk sy mau klo mmk sy ga mau kasih, krna ga suka sm pasangan sy. Krna kt mau mulai usaha sm2. Tp Mnta modal awal dulu.. pdhl mmk saya itu sholat ga pernah tinggal, tp sifat dia itu klo dia ga suka ga bakalan mau memaafkan smpai kapanpun.. sy jujur sangat kesal dia ga pernah marah ke abng sy yg suka bawa cewek

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum

    Bagai mana hukum nya,, saat saya berniat utk menikah dg laki laki pilihan saya,, tetapi org tua wanita (ibu) saya melarang saya,, karena lelaki pilihan saya org yg ekonomi nya tdk berada

    Sedangkan tujuan saya utk menikah agar bisa memperbaiki akhlak, dan ekonomi berdua serta menjauhi perbuatan yg allah tdk sukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mb dengan saya...sampai saya bingung,apakah kabur dari rmh demi pilihan hidup saya? Soalnya ibu saya benar2 gak merestui

      Hapus
  40. Assalamualaikum.
    Mau tanya!

    Saya seorang calon sarjana, sementara calon suami yg saya pilih hanya seorang buruh pabrik. Saya sudah mengenalnya 3tahun, dan saya sudah dikenalkan dengan keluarganya, tapi ibu saya melarang keras saya memiliki calon seorang buruh pabrik karna alasannya takut nanti kalau rumah tangga ada phk dan juga gara2 status pendidikannya juga dimana dia hanya lulusan sma. Tapi saya tidak melihat akan itu semua, saya yakin rizky sudah Allah yg mengatur, dan saya mempunyai alasan tersendiri untuk mempertahankan calon saya tersebut, dan saya juga sudah yakin seyakin yakinnya terhadap dia. Menurut anda apakah alasan orang tua saya itu bisa diterima? Apakah saya salah tidak menuruti apa kata orang tua saya? Apakah saya salah apabila saya tetap berhubungan dengan dia? Apakah saya harus meninggalkan dia atau tetap bertahan dengan dia?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  41. Bagaimana kalau saya ( pihak lelaki) dilarang menikah dengan alasan menunggu kakak saya menikah dan saya lulus kuliah, sedangkan kakak saya lelaki dari awal tunangan pun saya sudah mengalah. Saya bingung ,orang tua calon istri saya sudah meminta saya untuk menikahi anaknya

    BalasHapus
  42. Assalammualaikum w.b
    Mau tanya nih?

    Saya memiliki kaka yg sudah duda, lalu kaka saya ingin menikah dengan janda, tapi janda itu tidak pantas bagi keluarga saya. Karna si janda itu bekas JABLAY , lantas orang tua saya gak setuju. Apa kah itu termasuk dosa bagi orang tua ke kaka saya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum wr.wb. Bagaimana hukumnya jika orang tua berusaha menggagalkan pernikahan putranya.. ? Malah lebih senang jika pernikahan itu batal.. ? Mohon jawaban.. Karena demikian yang saya alami... Terimakasih.. Wassalam..

    BalasHapus
  44. Assalamu'alaikum
    Mau tanya apa hukum nya orang tua menikahi anak perempuan nya dan anaknya tidak tau akan di nikahi, setelah 2mgu menjelang akad nikah si anak di baru di beri tahu, dan terlanjur menikah anaknya terpaksa menikah karna dia tidak mau orang tua nya malu akhirnya dia menikah dengan orang lain, padahal orang tua nya tau bahwa saya sudah bersama anaknya sudah 5 tahun, dan pada saat sy tlp ibunya dia bilang "sudah terlanjur undangan udah di sebar".
    Yang saya tanya?? Apa saya salah jika menyuruh dia berpisah dan kembali pada saya.. Dan belum genap 1bulan suaminya sudah banyak melarang dan selalu mengadukan masalah pada ibu si istri...

    BalasHapus
  45. Assalamuallaikum
    Mau tanya, kalo orang tua ngijinin aja tapi keluarga yg ga ngijinin gimana ? Alasannya karna ingin adakan pesta yang katanya layak, sedangkan saya hanya minta akad saja

    BalasHapus
  46. Assalamu'alaikum
    Gimana dengan ibu yang menyuruh cerai dengan suami alasannya menyuruh saya bekerja di luar negeri dan ibu saya takut gaji saya akan dikirim ke suami.

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum wr.wb
    Maaf ustadz mau tanya?
    Apa hukumnya jika seorang anak berbohong kepada kedua orang tuanya di karenakan, berbohongnya itu karna ingin menikah ?

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum maaf ustadz saya mau tanya saya kan sudah punya calon suami dan kita akan menikah di bulan juni tahun 2018 nanti tapi orang tua saya tidak memperbolehkan saya menikah dengan calon suami saya dengan alasan calon suami saya jauh orang lampung sedangkan saya sendiri orang jawa jadi apa langkah apa yang harus saya ambil ustadz sedangkan Alasan yang orang tua saya hanya karena calon saya dari lampung

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum
    Aku dgn calonku sudah berhubungan lama tepat bulan desember kemaren 1thn pertunangan dan keluargaku dgn keluarga calonku telah sepakat akan menikah tahun ini (2018) tapi.. Mengapa mamahku menginginkan hubungan kita usai seperti ini mamahku ingin menyanggupkan soal dana pernikahan kepada calonku dan kalo calonku tdk bisa menyanggupinnya udah gajadi nikah aja dan mamahku senang sekali dan bangga sekali kalo hubungan kita putus dan berantakan seperti ini. Dan akhirnya calonku merasa sangat kecewa kepada mamahku lalu dia cerita kepada keluarganya apa yg calonku rasakan selama ini, dan keluarganya sungguh sangat kecewa sama mamahku dan meminta hubungan kita jgn di lanjut lagi
    Yg tadi awalnya baik baik saja lurus lurus aja karna ulah mamahku semuanya jadi berubah. Saya gak sanggup dan gak bisa nerima semua ini yg tadinya hubungan kita baik baik aja
    Gimana solusinya dan pendapatnya???

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum
    Aku dgn calonku sudah berhubungan lama tepat bulan desember kemaren 1thn pertunangan dan keluargaku dgn keluarga calonku telah sepakat akan menikah tahun ini (2018) tapi.. Mengapa mamahku menginginkan hubungan kita usai seperti ini mamahku ingin menyanggupkan soal dana pernikahan kepada calonku dan kalo calonku tdk bisa menyanggupinnya udah gajadi nikah aja dan mamahku senang sekali dan bangga sekali kalo hubungan kita putus dan berantakan seperti ini. Dan akhirnya calonku merasa sangat kecewa kepada mamahku lalu dia cerita kepada keluarganya apa yg calonku rasakan selama ini, dan keluarganya sungguh sangat kecewa sama mamahku dan meminta hubungan kita jgn di lanjut lagi
    Yg tadi awalnya baik baik saja lurus lurus aja karna ulah mamahku semuanya jadi berubah. Saya gak sanggup dan gak bisa nerima semua ini yg tadinya hubungan kita baik baik aja
    Gimana solusinya dan pendapatnya???

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum, saya mau bertanya... Bagaimana caranya membujuk orang tua agar mengizinkan anaknya untuk menikah? Saya anak perempuan, masih kuliah, kurang lebih 1 tahun lagi selesai .. Bulan agustus lalu ada seorang lelaki tiba" datang ke rumah ingin mengungkapkan niat baiknya.. Tetapi saya ceritakan, alasan saya untuk menahan menikah, agar kuliah selesai terlebih dahulu... Orang tua saya ttp belum mengijinkan bahkan saya harus kerja terlebih dahulu... Saya bingung bagaimana cara membujuk ortu dan cara ngomong kepada lelaki (calon insyaallah) ?

    BalasHapus
  52. .ass saya mau bertax
    .saya sudah berpacaran lima tahun sama pacar saya dan pacar saya itu sudah melamar tapi ibu saya tidak merestui tanpa ada alasan yang jelas dan selalu melihat dan menilai pacar saya itu jelek
    .pertanyaan saya apakah saya berdosa jika menikah tanpa restu ibu
    .mohon jawabanya

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum
    Sy seorang ibu yg mempunyai seorang anak laki2 yg sdh menikah/ beristeri dan sdh mempunyai anak perempuan 2 thn, anak sy nekat mau menikah lagi dg perempuan yg sangat tidak saya restui. Pertanyaannya apakah sy sbg ibunya berdosa melarang anak sy menikah lagi ?

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum, maaf bertanya, bagaimana jika orang tua tidak merestui anaknya menikah karena tidak ingin jauh2 dari anaknya karena akan di bawa suami keluar kota jika sudah memikah, terima kasih

    BalasHapus
  55. assalamualikum,saya mau tanya bagaimana jika sudah ada lelaki yang mau berniatan baik untuk meminang tapi orang tua melarang karena putrinya belum bekerja?
    mohon di bantu

    BalasHapus
  56. Assalamualaikum.
    Saya mau bertanya, orang yg beberapa tahun dekat dengan saya selama bertahun2 sudah berniat meminang saya. Dan saya sudah dikenalkan ke keluarga pihak laki2 dan alhamdulillah sangat setuju. Tetapi, selama itu sampai sekarang saya belum mengenalkan dia ke orang tua saya dikarenakan dia (laki2) menjaga kehormatan keluarga saya agar tidak timbuk fitnah dan mau saya kenalkan sekalian mau melamar saya. Tetapi ibu saya pernah bilang kalau tidak suka punya calon mantu yg pekerjaannya hanya pegawai biasa dikarenakan takut masa depan saya jelek. Menurut Islam bagaimana menanggapi hal tersebut?
    Terimakasih

    BalasHapus
  57. assalamualaikum .. sya islam dan pacar sya kristen.. sedangkan pacar sya mau menjadi mualaf.. ibu sya uda almarhum tahun ini.. sedangkan ibu pcar sya uda almarhum saat pacar sya mash sd.. kalo bapak pacar sya tahun ini juga almarhun.. nah sebelum almarhum bapak pacar sya meninggal beliau menulis di kertas.. suruh pcar sya cri orang lain yg seagama.. sedangkan pcar sya ttep ikut sya.. mau jadi muaalaf.. kakak pacar sya ada 8 orang yg merestui cuma 2 orang aja.. mohon bantuan nya.. gman sya harus bertindak dan apa yg harus sya lakuin??? ? mohon jawabannya

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum
    saya punya permasalahan seperti ini : saya dan calon saya sudah rencana mau menikah karena sudah merasa nyaman dan saling melengkapi. Tetapi bapak dari calon saya tidak setuju karena minder dengan keluarga saya. Apakah hubungan ini bisa di lanjut ? Bukankah materi itu bisa kita cari bersama dan tugas orang tua itu mendoakan dan merestui? Mohon jawabannya. Terimakasih

    BalasHapus
  59. Asaallamuallaikum we.Wb

    Saya masih berumur 19 tahun dan pacar saya berumur 17 tahun,orang tua nya tidak menyukai hubungan kami,dan si wanita ingin di jodohkan oleh keluarganya dengan orang yg lebih mapan,dan si wanita di paksa berhenti sekolah karna takut nanti dia ketemu sama saya,, saya berniat mau bawa kawin lari,tetapi saya takut nanti di pidana karna membawa kabur anak di bawah umur,apa yg harus saya lakukan? apakah boleh saya mengadu sama pengadilan agama? tolong di respon terimakasih
    Wassallamuallaikum we.Wb

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum wr. Wb

    Saya berumur 21 tahun secara mental dan fisik saya siap menikah. Dan orang tua saya baik kepda lekaki pilihan saya dan keluarga mereka. Ttapi ortu saya seperti memberi banyak syarat kepada sang lekaki. Dengan alasan duniawi. Karna saya bugis makassar andi. Dan harus menikah se sama suku untuk keturunan andi diperbanyak dan kedua alasan sang lekaki hanya pegawai biasa ortu saya menginginkan yang PNS dan juga karena dia melayu. Tolong respon nya terima kash. Assalamualaikum wr. Wb

    BalasHapus
  61. Saya ingin menikah, tapi orangtua saya ingin saya lulus kuliah dulu. Bagaimana? Saya masih lama kuliahnya 3 tahun lagi. Dan saya tdk mau berpacaran lama lama.

    BalasHapus
  62. Di hati yg paling dalam , ingin rasanya saya nikah supaya halal, tapi orang tua saya selalu menuntut saya untuk mencari uang terus , pdahal saya bekerja sudah 2 tahun lebih tp masih saja gaji saya kurang untuk ortu saya , saya ingin menikah karna saya ingin hidup dijalan yg benar , terhindar dri zina dan dosa , calon pun menyanggupi untuk menikah, dan mengizinkan saya untuk bekerja lagi setelah nikah, to orang tua saya tidak setuju, apa yg harus saya lakukan

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum.. Maaf sebelumnya, saya ingin bertanya. Namun sbelumnya saya akan cerita terlebih dahulu. Mungkin cerita saya hampir sama dengan rekan2 disini, saya tidak mendapatkan restu dari ibu saya. Saya sudah pacaran cukup lama, dari pertama saya kenalkan pacar saya ke keluarga ibu memberikan respon yg kurang enak (tidak setuju) ntah karena apa saya pun ga tau, dari dulu saya sudah disuruh bwt putus dengan pacar saya karena keinginan ibu. Tapi saya dan dia merasa sudah menemukan kecocokan. Meskipun ibu saya melarang saya tetap jalani, singkat cerita ibu sudah mulai merestui, dan saya bilang ke ibu bahwa kami ingin menikah, namun ibu sama bapak kurang setuju dengan alasan saya harus menyelesaikan kuliah terlebih dahulu. Setelah selesai kuliah, bulan mei kemarin saya tunangan namun blm menentukan tgl pernikahan, 3 bulan setelah tunangan calon saya datang ke rumah untuk mendiskusikan tanggal pernikahan, ibu saya bilang bahwa dia ingin saya bekerja terlebih dahulu, supaya ijazah kuliah saya dapat dipergunakan, namun calon saya bilang "tidak usah dipekerjakan di tempat yang lain, saya minta dia bekerja ditempat saya saja" dan perkataan ini yang menjadi konflik sekarang di keluarga saya. Ibu menyuruh saya untuk putus dengan dia (calon) karena alasan ucapan diatas. Dan ibupun menyuruh saya untuk bekerja diluar jawa, dengan alasan agar saya jauh dari dia (calon), dan ibu sering berkata "kali saja kalo kerjanya jauh dapat yg lebih dari dia", pikiran saha jadi mengarah, mungkin ibu ingin mendapat menantu yang lebih dari calon saya. Tapi saya dan calon kukuh untuk menikah,ayah saya bilang "gpp nak ayah usahakan kalian menikah", ayah saya memang sudah mengusahakan bicara kpada ibu, dan ibu pun bilang "gpp mereka menikah, namun saya ga mau hadir dipernikahanya, dan menyuruh sodara saya untuk menggangikan peran ibu saya saat saya menikah" dan sekarang suasana di rumah sedang panas karena perdebatan saya dan ibu. Pertanyaan saya 1) durhakakah saya kepada ibu saya, karena saya tidak menuruti keinginan dia? 2) sah kah pernikahan saya nanti, apabila sampai harinya datang saya belum mendapatkan restu dari ibu? 3) apa yang harus saya lakukan sekarang?? Saya mohon minta pendapatnya dari rekan2 semua. Trimakasih sebelumnya. Wassalamualaikum

    BalasHapus
  64. Bagaimana kalau tidak di restui karna calon menantu tidak mapan untuk anaknya, sedangkan si anak sdh menjelaskan susah payah kpd orang tuanya,tp tetap tidak di restui,apa yg hrus di lakukan oleh si anak???

    BalasHapus
  65. Bagaimana kalau tidak di restui karna calon menantu tidak mapan untuk anaknya, sedangkan si anak sdh menjelaskan susah payah kpd orang tuanya,tp tetap tidak di restui,apa yg hrus di lakukan oleh si anak???

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum warahmatullah
    Saya termasuk yang tidak direstui orang tua juga dalam menjalin hubungan ke jenjang serius oleh ibu saya. Jika saya tidak menuruti kepada orang tua dalam masalah ini bagaimana? Sedangkan ridho Allah terdapat pada ridho orang tua. Yang paling saya takutkan setelah menjalani rumah tangganya, sedangkan orang tua tidak meridhoi.

    BalasHapus
  67. asalamualaikm sya sdh berpacaran selama 2 tahun... slam itu sya tdak mndapatkan restu dri orang tua saya. padahal cwok saya jg pekerja keras n rajin sholat. orang tua saya ttp tidak merestui kami..karena alasan desa. desa saya n desa dia tdk boleh. pdhal saudara sya yg desa ny dilarang menikah baik2 saja . bgaimana solusi nya...

    BalasHapus
  68. Saya muslim beragam isla., tetapi orang Tua sy msh mengikuti adat" sawerigading sure lagaligo. Mereka mlarang sy untuk menikah dengan lelaki yg taat pda allah yg sholat mngikuti alqur'an. Mreka ingin sy menikah dgn org yg seadat dgn kepercyaan mreka.sdgkan sy tdk sepaham dgn adat org tua sy.sy ttp ikuti aturan alqur'an dan org tua sy ingin mmbunuh sy . Bgaimana tanggapannya.

    BalasHapus
  69. Assalamualikum...sy brpacran sdah skitar 10 tahun..dan sdah 3 x pacar sy melamar saya tpi orangtua tdk mnyetujuix dan dngan alasan yg sma sekali tdk d ketahui.intix mama memang sma skali tak mau pernikahan it trjadi dengan pacar saya.tinggal mama yg msih hidup,papa sudah almarhum..mama adalah orang yg keras smpai keluagapun d larang untuk tdk menikahkan saya saudara2 kandungpun sdah d ancam untuk tdk memberikan wali nikah kepada saya dngan ancaman akan d buang anak.otomatis sy kehilangan pegangan keluarga takut membantu saya. Padahal usia sya sudah matang si pria yg menikahi saya sdah punya pekerjaaan.yg jadi pertanyaan saya apakah saya bisa ambil hak sendiri untuk menikah tanpa ada wali??adakah hukumnya buat saya jika mengambil hak sendiri?

    BalasHapus
  70. Saya mau tanya apa saya akan berdosa jika saya masih melanjutkan hubungan dengan kekasih saya yg akan menuju kejenjang menikah? Sedangkan orang tua saya tidak memberi restu dikarenakan kekasih saya duda, merokok, kurang agama.. tetapi semenjak dia sama saya dia sedikit demi sedikit berubah menjadi yg lebih baik lagi. Pertanyaan saya apa saya tetap dosa jika tidak mendengarkan orang tua?

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum...
    Saya mau bertanya, Saya (Wanita) dan pacar saya dulunya beda agama, saya noni pacar saya islam. Tapi lama-kelamaan hati saya terpanggil untuk masuk islam, akhirnya saya ikuti kemauan hati saya. Setelah itu tdk lama saya dan pacar saya berkeinginan untuk ke jenjang serius, lantas dia meminta agar saya berbicara dengan kluarga saya, tapi di satu sisi ortu dari pihak pacar saya tidak setuju alasannya keluarga saya masih noni dan jarak rumah terlalu jauh (Jakarta - Riau), Namun ortu saya juga demikian karna mereka masih blm bisa punya besan yang beda agama. Jadi pihak ortu pacar dan keluarga saya tidak merestui kami berdua. Tapi kami berdua punya impian untuk menjadi pasangan yang di ridhoi Allah dunia akhirat. Lantas apa yang akan saya lakukan? karna pacar saya sudah hopepluss mau ninggalin saya hanya karna alasan itu. Tolong dijawab yaa...

    BalasHapus
  72. As.saya maiu nanya gimana hukum orang tua laki laki melarang anaknya menikah padahal anak nya sudah siap secara materi dan sudah memiliki calon dari piliannya sediri

    BalasHapus
  73. Saya mau tanya kalo kedua orang tua pergi ke dukun ingin tau watak calon saya setelah dia kedukun dia tidak menyetujui bagaimana

    BalasHapus