Waspadai Gejala Osteoarthritis


Pertanyaan:
Assalamu’alaikum warohmatullohi wa barakatuhu.
Maaf, saya ingin bertanya. Ibu saya berusia sekitar 43 tahun, beliau berbadan gemuk. Beberapa bulan terakhir sering mengeluh merasakan sakit pada kakinya di area lutut ke bawah, yaitu jika ditekuk terasa sakit kalau berjalan terasa berat dan terkadang seperti kesemutan.
Sudah saya anjurkan untuk ke dokter, tapi beliau takut. Kira-kira sakit apa beliau? Dan obat herbal apa yang cocok untuk ibu saya.
Jazakumullohu khayran atas jawaban dan penjelasaannya
Catatan:
Untuk berat badan, saya tidak bisa memastikan tapi mungkin sekitar 70 kg. Seingat saya beliau tidak memiliki riwayat penyakit, cuma untuk beberapa bulan terakhir ini sering mengeluhkan sakit di kaki tersebut dan beliau sering mengonsumsi jamu pasar (asam urat), tapi tidak ada perubahan. Untuk periksa lebih lanjut beliau tidak berani.
Wassalamu’alaikum warohmatullohi wa barakatuhu.
Dari: Sri Wahyuni


Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokatuh.
Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari berikan kepada kami.
Nyeri di daerah lutut pada wanita diatas usia 40 tahun, khususnya pada mereka yang memiliki berat badan berlebih, mengindikasikan adanya masalah pada sendi (meskipun masih terbuka kemungkinan untuk penyebab lainnya, misalnya masalah murni pada sarafnya). Penyebab tersering adalah osteoarthritis, penyakit degeneratif akibat menipisnya tulang rawan yang melapisi sendi disertai perubahan lainnya pada sendi seiring dengan pertambahan usia, terlebih jika ada riwayat keluarga sebelumnya menderita penyakit yang sama dan berat badan penderita berlebih. Diantara gejala penyakit osteoarthritis adalah:
  • Nyeri, awalnya dirasakan utamanya saat berjalan dan membaik dengan istirahat, namun seiring dengan semakin beratnya kerusakan sendi, nyeri akan konstan.
  • Kekakuan sendi khususnya ketika baru bangun di pagi hari atau setelah beberapa saat tidak beraktivitas, namun berlangsung < 30 menit dan membaik dengan pergerakan.
  • Terkadang pembengkakan pada sendi.
  • Seiring dengan makin beratnya kerusakan sendi, pergerakan sendi menjadi terbatas dan timbul nyeri jika dipaksakan.
Namun untuk memastikan diagnosisnya, tetap harus dilakukan pemeriksaan klinis, khususnya foto sinar Roentgen untuk melihat kondisi sendi dan tulang-tulang sekitar sendi lutut. Sebaiknya Saudari menjelaskan kepada beliau bahwa semakin dini dilakukan pemeriksaan, deteksi, dan penanganan, insyaAllah kerusakan akibat penyakit apapun itu bisa lebih diminimalisir dibanding jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang tepat.
Kami tidak menyarankan konsumsi jamu-jamuan kemasan jika tidak dapat diketahui dengan jelas apa isinya, karena dikhawatirkan bukan memperbaiki keluhan namun justru semakin merusak tubuh. Untuk suplemen selain, beberapa penelitian menyarankan penggunaan suplemen yang mengandung kondroitin maupun glukosamin untuk membantu memperbaiki keadaan tulang rawan sendi, meskipun untuk hasilnya bisa bervariasi pada tiap-tiap orang.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum warahmatullah


Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar